Intuisi, inilah salah satu kelebihan manusia yang tidak dimiliki malaikat sekalipun. Yang dengan ini, manusia dapat mengambil keputusan seribu kali lebih tajam dan lebih cepat daripada analisa biasa. Hebat ‘kan?

Dalam seminar dan pelatihan, saya sering memutar video tentang intuisi dan inilah pokok-pokoknya:

•           Mulailah dengan yang kanan (otak kanan)

•           Maksudnya, otak kanan dulu, baru otak kiri

•           Intuisi dulu, baru analisa

•           Blink dulu, baru think

Seterusnya, intuisi itu dapat berangkat dari empat titik tolak, yaitu:

•           Natural. Ini semacam bawaan lahir seseorang.

•           Rasional. Ketika Anda mendalami suatu bidang terus-menerus, maka intuisi Anda akan sangat tajam dan cepat untuk bidang ter-sebut. Karena itulah, seorang montir dapat menebak kerusakan sebuah mobil, tanpa memeriksanya sama sekali. Karena itulah, seorang bankir dapat menebak kesalahan dalam satu laporan keuangan, tanpa memeriksanya sama sekali. Walaupun itu tidak selalu terjadi.

           Emosional. Ketika hubungan Anda sangat erat dengan seseorang, maka intuisi Anda terhadap orang tersebut akan sangat tajam dan cepat. Karena itulah, seorang ibu dapat mengetahui anaknya sakit, padahal anaknya tinggal di luar kota dan tidak ada kabar sama sekali. Karena itulah, seorang istri dapat mengetahui suaminya selingkuh, padahal tidak ada bukti dan tidak ada saksi sama sekali. Masih ingat soal buhul (ikatan) yang saya singgung dalam Sepasang Bidadari?

•           Spiritual. Ketika Anda mendekatkan diri terus-menerus dengan Yang Maha Kuasa, mudah-mudahan Dia akan ‘membisiki’ Anda tentang sesuatu atau seseorang. Bisa jadi itu tentang masa sekarang, bisa jadi itu tentang masa mendatang.

Semua titik tolak di atas dapat diupayakan, kecuali titik tolak natural. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang titik tolak spiritual. Dan perkenankan saya mengulasnya dalam bahasa Facebook. Begini:

•           Pertama-tama Tuhan mesti Anda add sebagai friend.

Terus, banyak-banyaklah ganti status dengan Dia.

Sumber : Buku 7 Keajaiban Rezeki oleh Ippho “ Right : Santosa